ini Cara Budidaya Cabe Rawit di Rumah dalam Polybag atau Pot

 Budidaya

Budidaya Cabe Rawit di Rumah dalam Polybag atau Pot, Berikut Caranya

Budidaya Cabe Rawit

Sebenarnya mudah untuk budidaya cabe rawit dalam Polybag / Pot, sama seperti memelihara tanaman lainnya. Sama halnya ketika kita menanam bunga, dari memilih benih / bibit bunga, lalu menyiapkan media tanamnya yaitu wadah plastik (polybag) / pot dan tanahnya yang dicampur pupuk organik / pupuk kandang. Itung-itung pengiritan agar kita tak usah beli cabe di tukang sayur, tak ada salahnya jika kita mencoba melakukan budidaya cabe rabit sendiri di rumah.

Banyak orang yang telah menanam cabai rawit dalam polybag maupun pot. Biasanya ini bisa kita temukan di pekarangan rumah-rumah. Jika kita hidup di perumahan yang lahannya sempit dan terbatas kita bisa melihat berbagai tumbuhan baik tanaman bunga maupun tanaman buah jarang sekali diserang penyakit.

Hal ini mungkin akan berbalik 180 derajat ketika anda berada di desa di mana tanaman apa pun jenisnya pasti akan diserang penyakit, seperti pohon mangga di desa pada umumnya yang batangnya tidak pernah normal karena diserang hama penggerek batang namanya, jadi batang / dahannya selalu patah dan lama-lama pohonnya akan mati.

Banyak orang memilih tanaman cabai rawit karena buah yang satu ini tidak akan terlepas dari kehidupan manusia, dan harganya kadang-kadang menjadi isu hot yang sama seperti dengan rasanya, intinya tumbuhan ini vital bagi kehidupan manusia dan para pencinta gorengan pastinya. Berikut adalah beberapa tahapan cara budidaya cabe rawit:

  • Kita dapat membaca beberapa referensi dari internet dan juga melihat video berbagai teknik / cara budidaya cabai rawit dalam polybag / pot di youtube.
  • Belilah benih di toko pertanian, jika kita awam jangan sungkan-sungkan bertanya / berkonsultasi dengan pemilik kios penjual alat, obat & benih-benih pertanian, cari benih yang unggul.
  • Sembari membeli benih kita juga dapat membeli alat-alat yang kita butuhkan seperti plastik polybag untuk penyemaian benih dan penanaman cabai rawit, pupuk anorganik, alat penyemprot hama dan obatnya.
  • Melakukan penyemaian benih cabai rawit dengan menggunakan polybag kecil.
  • Sambil menunggu bibit cabai rawit berumur sekitar 3 sampai 6 minggu kita menyiapkan tempat penanaman dalam polybag besar.
  • Setelah bibit cabai rawit siap ditanam, selanjutnya kita pasang sanitasi / cara pengairan menggunakan pipa & selang yang terhubung dengan bak penampungan air.
  • Masa perawatan adalah masa yang sangat menyenangkan namun terkadang membosankan, karena kita mesti rajin menyirami dan juga memberantas hama yang menyerang.
  • Perawatan dalam budidaya cabai rawit dengan proses yang baik akan menghasilkan panen yang maksimal.
  • Segera budidayakan cabai rawit, jika Anda mau berhenti membeli cabai yang harganya kadang melangit.

Untuk mengisi luang waktu selepas pulang kerja atau ketika bersantai di sore hari tak ada salahnya mencoba Cara Budidaya Cabe Rawit di Rumah dalam Polybag atau Pot ini.

Author: